Baca tiga info di bawah ini:

Info 1
Kepada mahasiswa yang akan/sedang dalam proses penulisan/bimbingan skripsi, diinformasikan bahwa untuk persyaratan ujian skripsi, prodi mewajibkan untuk publikasi karya ilmiah baik dalam bentuk buletin ataupun artikel jurnal.

Persyaratan publikasi mahasiswa ini juga merupakan rangkaian utama dalam akreditasi dan konversi nilai akreditasi program studi.

Untuk mendapatkan nama dosen penguji, mahasiswa wajib menunjukkan bukti draft artikel yang telah dikirim (SUBMITTED) bisa berupa printed email yang dikirim ke email jurnal yang dituju atau ACC dosen pembimbing utama skripsi di atas draft artikel jurnal yang telah selesai dikoreksi dan dianggap siap dikirim ke jurnal untuk publikasi.

Tuk ACC kaprodi di lembar pengesahan skripsi yang telah diujikan dan direvisi setidaknya artikel jurnal sudah harus dalam status ACCEPTED. Dalam keadaan tertentu, hal ini bisa dikecualikan selama ada bukti komunikasi atau korespondensi antara mahasiswa dengan editor jurnal terkait status draft artikel jurnal anda. Bukti bisa berupa printed email atau media sosial. Contoh status di jurnal misalnya UNDER REVIEW atau COPYEDITING.

Sebagai bukti originalitas tulisan anda, mahasiswa wajib membawa/mengirim PDF hasil cek plagiarism ke ketua prodi via WA.

Cek plagiarism bisa dilakukan menggunakan aplikasi Turnitin, ithenticate, ataupun Plagiarism X Checker. Nilai persentase plagiarism yang dapat diterima maksimal adalah 30%.

Tuk jasa cek plagiarism bisa dicari di Facebook ataupun Google. Mohon berhati-hati dalam menggunakan jasa tersebut karena artikel anda bisa saja dikopi oleh yang punya jasa. Anda bisa juga mencari aplikasi gratisan Plagiarism X Checker yang bersebaran di Internet dan marketplace. Info lebih jelas di https://youtu.be/vSZg6qp0u0Q

Yang merasa kesulitan bisa hubungi kaprodi. Sebelumnya, silahkan konsultasikan dengan kawan-kawan mahasiswa di channel Telegram Prodi di http://bit.ly/pbinginfo

Info 2
Tuk keperluan publikasi mahasiswa dalam bentuk artikel jurnal mohon memerhatikan beberapa hal berikut:
1. Artikel jurnal berasal dari skripsi
2. Mencantumkan nama mahasiswa sebagai penulis pertama, pembimbing 1 sebagai penulis kedua, dan pembimbing 2 sebagai penulis ketiga
3. Lokasi penelitian tidak boleh disebutkan secara spesifik di artikel jurnal. Contoh: SMPN 2 Pontianak menjadi salah satu Sekolah Menengah Pertama negeri di Kota Pontianak. Mohon perhatikan kode etik juga. Jangan pernah menyalahkan guru.
4. Mengkonsultasikan draft artikel tersebut kepada dosen pembimbing 1 dan 2 sebelum dikirim ke jurnal.
5. Mohon perhatikan template dan guideline penulisan artikel jurnal yang dituju

Tuk saat ini fakultas sudah menyediakan jurnal untuk publikasi anda di http://jurnal.fpbs.ikippgriptk.ac.id/index.php/EEVOL1.

Mohon unduh template artikel jurnal di https://www.dropbox.com/s/1h10mkyc14cwcf6/Template%20Jurnal%20JELTE%20IKIP%20PGRI%20Pontianak.doc?dl=0

Artikel jurnal anda yang sudah dikonsultasikan dan dicek plagiarism (lampirkan PDF ACC dosen pembimbing dalam bentuk tanda tangan di halaman depan artikel jurnal yang telah dikonsultasikan) dan mohon artikel tersebut DALAM FORMAT DOCX dikirim ke fpbs@ikippgriptk.ac.id dan konfirmasi pengiriman artikel jurnal tersebut ke Bapak Maliqul Hafis, M.Pd via WA selaku editor jurnal.

Info 3

Mahasiswa diminta untuk melampirkan hasil test bahasa Inggris (minimal try out TEAP) ketika pengajuan penguji skripsi ke kaprodi.

Author profile

Recommended Articles

Icoled Support
Send via WhatsApp